Categories
bahan bangunan

Penggunaan Atap Bening dan Segala Pertimbangannya

Sebelum menggunakannya, perlu untuk melihat kelebihan serta kekurangan dari penggunaan atap transparan gelombang ini agar sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai macam material dapat digunakan untuk menjadi pilihan sebagai atap rumah, namun banyaknya desain rumah minimalis menjadikan pilihan atap lebih sedikit. Inovasi atap yang saat ini banyak digunakan dan tinggi permintaannya adalah atap bening. Sebelum menggunakannya, perlu untuk melihat kelebihan serta kekurangan dari penggunaan atap transparan gelombang ini agar sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan dari Penggunaan Atap Bening

Secara umum, atap bening yang terbuat dari bahan polycarbonate memang tangguh dan juga tahan dari paparan sinar matahari. Banyak yang memilihnya karena kelebihan yang diberikan, salah satunya seperti bahannya yang kuat dan juga sulit untuk pecah. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkannya dalam pembangunan untuk gedung perbankan, kantor, dan juga sebagai bahan pembuatan pagar. Atap ini juga dapat melindungi penghuni rumah dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari.

Bahan yang digunakan untuk membuat atap ini juga cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Faktor ini tentu saja mempermudah biaya transportasi dan juga pemasangan karena tidak perlu membutuhkan tenaga yang cukup besar. Dalam pasaran sendiri, kaca ini memiliki berbagai macam warna yang disediakan sehingga dapat menyesuaikan dengan desain warna yang digunakan untuk rumah. Kelebihan yang lainnya dari penggunaan atap bening adalah bahannya yang tahan dengan berbagai cuaca yang ada sehingga tidak mudah untuk rusak. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan karena masa pakainya yang cukup lama sehingga tidak perlu untuk diganti dalam waktu yang cukup pendek.

Kekurangan dari Penggunaan Atap Bening

Banyaknya kelebihan yang dimiliki dalam penggunaan atap bening tentu saja juga memiliki kekurangannya sendiri. Salah satunya yaitu harganya yang cukup tinggi dan relatif cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu juga jenis atap ini tidak tahan terhadap berbagai goresan dan permukaan yang sifatnya abrasif. Jika tidak dilakukan perawatan yang tepat, maka atap ini akan mudah juga untuk menjadi bengkok.

Jenis atap transparan gelombang memiliki kelemahan yaitu tidak tahan terhadap beberapa cairan kimia seperti pembersih dan juga pelarut. Maka dari itu, perlu untuk berhati-hati agar bahan ini tidak terkena cairan tersebut. Dalam proses pembuatannya sendiri, jenis atap ini termasuk yang tidak ramah terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan pada proses produksinya membutuhkan suhu yang cukup tinggi untuk pemrosesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *